Identifikasi merupakan salah satu unsur terpenting dalam proses rehabilitasi untuk anak - anak berkebutuhan khusus. Identifikasi sendiri artinya adalah penjaringan terhadap permasalahan - permasalahan anak secara umum. Inti dari identifikasi adalah menentukan bahwa seseorang anak ini mengalami masalah atau membutuhkan pelayanan khusus.
Di dunia pendidikan sendiri selain guru orthopedagogig atau seorang terapis peran guru sekolah dasar atau yang berada di bawahnya sangat penting sekali untuk membantu identifikasi anak - anak didik yang ada di sekitarnya. Guru - guru SD atau TK atau PAUD harus ikut aktif dalam penangan anak berkebutuhan khusus ini. Sehingga setiap ada permasalahan tentang anak berkebutuhan khusus ini maka penanganan akan lebih cepat dan tepat.
Guru Sekolah Luar Biasa yang menjadi pionir dalam kasus ini harus mau menularkan ilmunya kepada rekan - rekan guru yang lain agar proses Identifikasi bias berlangsung cepat, efektif dan tepat solusi.
Selain itu pihak kampus juga harus mulai memasukkan mata kuliah umum tentang anak berkebutuhan khusus ini di semua jurusan. Hal ini agar suatu saat jika lulusan akademisi ini berbenturan dengan anak berkebutuhan khusus dapat memberikan masukan kepada masyarakat.
Anak berkebutuhan khusus itu adalah anugrah dari Allah kepada kita hambanya yang diberikan kelebihan untuk bias memaksimalkan potensi mereka, merawat, dan juga mengayomi mereka. Mari #SaveDifable
No comments:
Post a Comment