Bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus ada banyak aspek yang harus dilalui untuk bisa memberikan pendidikan yang baik bagi anak. berbeda dengan anak di sekolah reguler, anak berkebutuhan khusus memiliki keunikan yang mengharuskan kita untuk bisa menangani kekhususan tersebut.
Sebelum mencapai tahap pembelajaran ada dua point penting untuk kita perhatikan yaitu duduk dan konsentrasi mata. Duduk ini menjadi salah satu pondasi penting bagi pembelajaran anak. setelah anak mengetahui proses duduk dan mampu duduk, maka dalam menyampaikan pembelajaran akan lebih mudah.
setelah tahap ini kita akan lebih mudah untuk mengarahkan fokus anak, terlebih yang mengalami gangguan konsentrasi. jadi terkadang tidak harus belajar langsung memegang buku, menulis, membaca atau berhitung.
Duduk pun akan menjadi point yang penting untuk memulai pembelajaran. Tapi untuk menempuh tahap ini bagi peserta didik yang mengalami hiperaktive atau ADHD, terkadang kita guru harus menanamkan tahapan ini kepada wali murid.
Bahkan pernah di sebuah sekolah luar biasa, ada wali murid yang bertanya "kok anak saya belum bisa membaca pak?". Dalam kondisi seperti ini kita perlu memahamkan kepada seorang wali murid tentang tahapan dan proses.
"mendidik itu proses, bukan sekedar kata sim salabim langsung bisa, tidak semua orang memiliki bekal dasar pembelajaran yang baik tapi yang pasti setiap insan memiliki potensi yang bisa di gali"
"mendidik itu proses, bukan sekedar kata sim salabim langsung bisa, tidak semua orang memiliki bekal dasar pembelajaran yang baik tapi yang pasti setiap insan memiliki potensi yang bisa di gali"
No comments:
Post a Comment